Sabtu, 06 November 2010

Tugas SIM 1

Nama : Maryadi
NPM : 33109100
Kelas : 2DB14

Soal.
1) Suatu Perusahaan Manufaktur baru akan membangun suatu sistem informasi computer. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka mulai dengan sistem informasi akuntansi ataukah dengan suatu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan ?
2) Suatu Perusahaan Indo Alumunium (IA) yang memproduksi alumunium lembaran dan batangan, mempertimbangkan untuk menempatkan terminal-terminal pada pabrik pelanggannya. Terminal tersebut akan dihubungkan pada computer pusat di IA dengan kemampuan mengakses sistem inventarisasi, data pesanan dan perhitungan penerimaan. Para pelanggan bisa menggunakan terminal untuk mengetahui apakah IA mempunyai persediaan tertentu, melakukan pemesanan dan mengetahui jumlah utangnya pada IA. Pada tingkat sistem informasi apakah keuntungan sistem tersebut berada ? Apakah anda pikir dengan fasilitas tersebut anda memberikan dampak keuntungan strategis pada IA dibanding dengan lain-lain perusahaan alumunium?
Jawab.
1) Menurut saya kedua sistem tersebut sangat berpengaruh pada suatu perusahaan manufaktur tetapi sistem yang sangat mempengaruhi perusahaan manufaktur yaitu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan, karena perusahaan manufaktur sangat tergantung pada ketersediaan bahan mentah dan bila sistem tersebut tersusun dengan baik maka perusahaan tersebut tidak akan mengalami kekurangan atau keterlambatan ketersediaan bahan mentah, dan jika perusahaan manufaktur tidak memiliki sistem tersebut mungkin akan mengalami keterlambatan atau kekurangan pemasokan bahan mentah dan akan berdampak pada aktivitas perusahaan.

2) Keuntungan sistem tersebut untuk mempermudah pelanggan untuk mengetahui persediaan barang sehingga pelanggan dapat merencanakan kapan saatnya memesan barang tersebut. Dan keuntungan pada IA sendiri yaitu dapat mengetahui hasil transaksi pada perusahaan alumunium yang lain. Dan dengan fasilitas ini kedua perusahaan mendapatkan keuntungan yang balance, karena keduanya sangat tergantung pada sistem tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar