Minggu, 22 November 2009

Tugas Manajemen 3

Nama : Maryadi
NPM : 33109100
Kelas : 1DB20
PENGENALAN MANAJEMEN

Manajemen adalah suatu kegiatan yang menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan agar mencapai tujuan yang efisiensi dan efektivitas.
Ilmu pengetahuan dapat diterapkan dalam dunia semua organisasi manusia
”Seorang manajer mempunyai pengetahuan dasar manajemen dan mengetahui cara penerapan pada situasi yang ada, maka dapat melakukan fungsi-fungsi manajerial dengan efisien dan efektif”.
Konsep mengukur prestasi kerja yaitu Efisiensi dan Efektifitas, Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar, dan Efektifitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Definisi Manajemen
menurut Mary Parker Follett
”Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain ” sedangkan
Menuru t James A.F.stoner
"Manajemen adalah proses perencanaan,pengorganisasian, pemimpianan dan pengendalian usaha-usaha para anggota organisasi dan pengguna sumber daya-sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan."
Kegiatan manajemen secara umum dibagi menjadi 4 yaitu :
1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (Pengorganisasian)
3. Motivating (Pedoman)
4. Controlling (Pengendalian)
Definisi manajemen berbeda dengan definisi Wirausaha dan Supervise
Wirausaha yaitu memahami dan mendapatkan sumber daya-sumber daya serta mengorganisasi dan menjalankan perusahaan.
Supervisi yaitu pengarahan dan pengendalian karyawan-karyawan tingkat bawah dalam suatu organisasi, Supervisi merupakan bagian dari manajemen.
Manajemen dan Manajer
Manajer adalah setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya organisasi lainnya.
Tingkatan Manajemen
1. Manajer lini (pertama)
Mengarahkan karyawan operasional
Contoh: Kepala,mandor, dan penyelia
2. Manajer menengah
Mengarahkan kegiatan-kegiatan yang mengimplementasikan kebijakan organisasi dan membuat keseimbangan antara tuntutan atasan dan kemampuan bawahannya.
Contoh: Kepala bagian, dan Kepala sub divisi
3. Manajer puncak
Bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dari organisasi, menetapkan kebijakan operasional dan menuntun interaksi organisasi dengan lingkungan.
Contoh: Kepala bagian, Direktur utama, dan Wakil direktur.
Tugas penting Manajer
Manajer mengambil peranan lebih luas untuk mengerahkan organisasi menuju sasaran yang telah ditetapkan
Tugas penting seorang manajer yaitu :
1. Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
2. Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
3. Manajer bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan
4. Manajer harus berfikir secara analitis dan konseptual
5. Manajer adalah seorang mediator
6. Manajer adalah seorang politisi
7. Manajer adalah seorang diplomat
8. Manajer mengambil keputusan-keputusan sulit

Tugas Manajemen 2

Nama : Maryadi
NPM : 33109100
Kelas : 1DB20

Tugas ke 2
Manajemen/Pengantar manajemen

Soal Essay.
1. Sebutkan alasan utama diperlukannya manajemn dalam suatu organisasi atau perusahaan ?
2. Sebutkan definisi manajemen menurut James A.F. Stoner dan Mary Farker Follet ?
3. Sebutkan tingkatan manajemen dan beri contoh ?
4. Jelaskan fungsi-fungsi manajemen ?
5. Sebutkan peran-peran manajer dalam manajemen sebagai “ Pengambil keputusan “ ?
6. Berdasarkan sejarah perkembangan teori manajemen, sebutkan aliran pemikiran atau mahzab manajemen ?
7. Sebutkan unsur-unsur lingkungan external makro yang dapat mempengaruhi secara langsung terhadap organisasi atau perusahaan ?
8. Sebutkan fungsi dari tujuan organisasi ?
9. Sebutkan factor yang mempengaruhi keputusan pada masalah kode etik ?
10. Jelaskan cara lingkungan ekternal makro mempengaruhii suatu organisasi ?



Jawab.
1. Karena dengan manajement kita dapat mengetahui cara-cara penerapan pada situasi yang ada secara efisien dan efektif.
2. Manajement adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
3.

-Manajer lini, contohnya Kepala, mandor, penyelia
-Manajer menengah, contohnya Kepala bagian, Kepala sub divisi
-Manajer puncak, contohnya Kepala eksekutif, Direktur utama, Wakil direktur
4.

-Manajemen administrative
Kegiatan adalah penentuan tujuan, perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, personalia dan pengawasan
-Manajemen operatif
Kegiatan adalah memotivasikan, supervise dan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasil-hasil yang efektif
5.

- wiraswastawan
-penangkal kesulitan atau gangguan
-pengalokasian sumber daya
-Negotiator
6.

-Aliran klasik
-Aliran neoklasik
-Aliran manajemen modern
7.

-Competitor (pesaing)
-Customer (pelanggan)
-Labor supply (pasar tanaga kerja)
-Financial institutions (lembaga keuangan)
-Supplier (penyelia)
-Government delegation (perwakilan pemerintah)
8.

-Pedoman bagi kegiatan
-Sumber legitimasi
-Standar pelaksanaan
-Sumber motivasi
-Dasar rasional pengorganisasian
9.

-Hukum
-Peraturan-peraturan pemerintah
-Kode etik industri dan perusahaan
-Tekanan-tekanan social
-Tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan organisasi
10. Mempengaruhi suatu organisasi secara langsung atau tidak langsung melalui satu atau lebih unsur-unsur lingkungan eksternal mikro.
Unsur lingkungan makro menciptakan iklim dimana organisasi ada dan harus memberikan tanggapan.

Tugas Manajemen 1

Nama : Maryadi Tgl: 22/November/2009
NPM : 33109100
Kelas : 1DB20

Manajemen Umum

Tugas Pertama

Soal :
1. Mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen, jelaskan ?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a) Manager
b) Wiraswata
c) Wirausaha
d) Supervisi
3. Jelaskan 10 peran dari manajer ?
4. Jelaskan tingkatan manajer dalam manajemen ?
5. Coba jelaskan menurut saudara, efisiensi memberikan dampak positif dan keunggulan bagi suatu organisasi ?

Jawab:
1. Karena agar kita mempunyai pengetahuan dasar tentang manajemen dan mengetahui cara menerapkan pada situasi yang ada, maka kita dapat melakukan fungsi-fungsi manajerial dengan efisien dan efektif.

2.
a.) Manajer adalah Seseorang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya organisasi lainnya.
b.) Wiraswata adalah persamaan dari wirausaha.
c.) Wirausaha adalah seseorang yang memahami dan mendapatkan sumber daya-sumber daya, mengorganisasikan dan menjalankan perusahaan.
d.) Supervisi adalah Seseorang yang mengarahkan dan mengendalikan karyawan-karyawan tingkat bawah dalam suatu organisasi.
3.

-Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
-Manajer menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan
-Manajer bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan
-Manejer harus berpikir secara analitis dan konseptual
-Manejer adalah seorang mediator
-Manejer adalah seorang politisi
-Manejer adalah seorang diplomat
-Manajer mengambil keputusan-keputusan sulit
-Manajer mengarahkan karyawan operasional
-Manajer mengarahkan kegiatan-kegiatan yang mengimplementasikan kebijakan organisasi
4

-Manejer Lini yaitu mengarahkan karyawan operasional
-Manejer menengah yaitu mengarahkan kegiatan-kegiatan yang mengimplementasikan kebijakn organisasi

-Manajer puncak yaitu bertanggung jawab atas keseluruhan manajement
5 Menurut saya, bila mengerjakan sesuatu secara efisiensi akan menghasilkan sesuatu yang maksimal, dan keunggulannya bagi organisasi yaitu pekerjaan akan cepat selesai dan benar.